Pembinaan Poktan Tribina

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Tanjungbalai melalui Petugas Lapangan KB di masing-masing Kecamatan giat melaksanakan Pembinaan kepada Poktan (Kelompok Kegiatan) Tribina (BKB, BKR, dan BKL).

Tujuan kegiatan-kegiatan pembinaan ini antara lain, Pembinaan BKB (Bina Keluarga Balita) yg bertujuan untuk memberikan informasi kepada keluarga yang memiliki balita dan anak tentang tumbuh kembang dan pengasuhannya .

Pembinaan terhadap remaja dilakukan melalui dua pendekatan, yakni pendekatan kepada remajanya langsung melalui pusat informasi dan konseling remaja/ mahasiswa (PIK R/M) serta pendekatan kepada keluarga yang memiliki remaja melalui kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).  Pada prinsipnya kedua program tersebut bertujuan untuk mempromosikan pendewasaan usia perkawinan (PUP) sebagai bagian penting dalam upaya terciptanya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

BKL (Bina Keluarga Lansia) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Dan DPPKB juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kegiatan pembinaan ini, karena ini merupakan kegiatan pokok yang sangat penting demi suksesnya Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), agar terwujud keluarga sejahtera dan berkualitas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.