Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Harganas XXVII Tahun 2020

Pada tanggal 29 Juni 2020 Indonesia memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII. Awalnya acara BKKBN ini akan digelar di Provinsi Sumatera Barat, tetapi dibatalkan karena kondisi Pandemi Covid19 sekarang ini. Dan acara tersebut diganti menjadi gerakan “Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor”.

Gerakan ini lahir dari semangat BKKBN untuk tetap hadir ditengah-tengah masyarakat walau dalam kondisi pandemi seperti ini. Pelayanan KB Sejuta Akseptor dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dari pukul 08.00 s/d 15.00. Tak terkecuali Kota Tanjungbalai melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai juga turut serta melaksanakan acara tersebut.

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai melaksanakan gerakan “Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor” serentak di 6 Kecamatan, setiap Kecamatan ditunjuk 1 Faskes KB untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Dan adapun alat kontrasepsi yang dilayani adalah IUD, Implant, Suntik, Pil dan Kondom.

Walikota Tanjungbalai hadir memantau pelayanan tersebut pada salah satu faskes yaitu Puskesmas Datuk Bandar. Saat tiba di lokasi Walikota langsung menyapa masyarakat dan peserta yang menunggu giliran untuk dilayani.

“Saya sangat mendukung program BKKBN yang tentunya sejalan dengan program pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang saat ini dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai di seluruh Faskes Kota Tanjungbalai” ujar Walikota.

Tampak hadir juga pada kegiatan ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Kb Kota Tanjungbalai beserta jajarannya, para OPD dilingkungan Dinas Kesehatan, perwakilan Kodim 0208/Asahan, IBI Kota Tanjungbalai, TP-PKK Kota Tanjungbalai, perangkat Kecamatan dan Kelurahan, serta para PLKB dan Tenaga Kesehatan yang melayani para Akseptor.