Kegiatan Bhakti Sosial IBI-KB Kesehatan

Dalam rangka Kegiatan Bhakti Sosial IBI-KB Kesehatan, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai mengadakan Pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW) dan Sosialisasi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di RSUD. dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai. (Kamis, 5/4)

Turut serta dalam kegiatan tersebut Walikota Tanjungbalai dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Drs. H.Zainul Arifin, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai beserta jajarannya, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Direktur RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai beserta jajarannya, Ketua IBI Kota Tanjungbalai beserta jajarannya, perwakilan dari pihak TNI, perwakilan PKK Tanjungbalai,  dan para Ibu-ibu peserta.


Penggunaan alat kontrasepsi pada program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia bisa dibilang sudah tinggi. Namun disayangkan, akseptor yang di­­dominasi perempuan itu belum dilengkapi dengan pe­nge­tahuan yang cukup untuk membuat keputusan ber-KB berdasarkan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). dengan dasar hal tersebutlah Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai melaksanakan Sosialisasi Metode Kontasepsi Jangka Panjang (MKJP), agar para peserta KB dapat lebih memahami soal MKJP tersebut dan memilih MKJP sebagai pilihan metode kontrasepsinya.

Medis Operasi Wanita (MOW) adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilisasi (kesuburan) seorang wanita, yang merupakan salah satu metode pada MKJP bagi peserta KB wanita. Metode ini dianggap yang paling efektif dalam menunda kehamilan. Sehingga Pelayanan KB MOW ini menjadi perhatian khusus bagi DPP&KB Kota Tanjungbalai dan BKKBN untuk terus ditingkatkan penyelenggaraannya.

Kegiatan Bhakti Sosial IBI-KB Kesehatan ini memiliki tujuan khusus dalam mensukseskan program-program KB, antara lain Meningkatkan cakupan peserta KB Baru, Meningkatkan pencapaian peserta KB Baru MKJP, Meningkatkan pembinaan keberlangsungan Peserta KB Aktif, dan Meningkatnya peran dan komitmen mitra kerja disetiap tingkatan dalam memberhasilkan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dalam hal ini kemitraan dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) baik tingkat kota maupun kecamatan.

Dari rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tujuan dari Keluarga Berencana yaitu untuk mengendalikan jumlah penduduk dapat maksimal, sehingga keluarga yang sehat dan sejahtera dapat terwujud.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.